Senin, 18 Maret 2013

PIDATO TENTANG KEBERSIHAN


Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdulillah, alhamdulillahhirabbil’alamin wabihinasta’in wa’ala umuriddunnya waddin, wa’ala alihi waaskhabihi ajma’in. Amma ba’du.

Yang saya hormati ibu guru bahasa indonesia.
Beserta teman temanku yang sayangi.

Pertama tama, marilah kita panjatkan puja serta  puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat.Tak lupa Shalawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW beserta para keluarga,sahabat dan pengikut beliau hinggaakhir zaman.Amin

Teman-teman yang saya banggakan,

Pada kesempatan kali ini perkenankan lah saya menyampaikan pidato saya tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.petama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik.Salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan adalah membuang sampah pada tempatnya.

Dizaman sekarang kebanyakan orang membuang sampah sembarangan,tanpa mereka sadari bahaya yang dapat di timbulkan oleh sampah tersebut.Jika dunia kita penuh akan sampah yang berserakan dimana-mana.Pembuangan sampah yang di lakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab yang seenaknya membuang sampah di sembarangan tempat, itu dapat menimbulkan dampak negatif pada lingkungan kita.

Dampak yang bisa di timbulkan oleh sampah misalnya,sampah kering maupun sampah basah ditumpuk di suatu tempat yang bukan pada tempatnya, itu bisa menghasilkan bau yang sangat luar biasa busuknya.Selain itu, bisa menjadi tempat perkumpulan bagi lalat, nyamuk, tikus dan hewan-hewan penyebar penyakit lainya. Adanya hewan-hewan penyebar penyakit tersebut mudah tersebar dan menjalar ke lingkungan sekitar kita. Penyakit-penyakit itu misalnya diare,malaria,dll. Dan dampak lainnya yang bisa timbul adalah pencemaran air,Bayangkan jika 100 orang membuang sampah di sungai atau di laut, itu bisa mengakibatkan kualitas air menurun sehingga menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan kegunaannya.coba kita pikirkan, jika air yang kita minum, kita pakai mandi yang semua berasal dari air yang tercemar itu,Selain jorok atau kotor, sampah yang bertaburan itu jika dituruni hujan akan terbawa ke sungai, akibatnya sungai meluap dan timbullah banjir karena aliran airnya yang tidak lancar.Dan sampah yang berserakan dimana-mana itu bisa merusak pemandangan. Contohnya saja sama seperti tadi, laut yang indah bisa jadi pemandangan yang tidak enak dipandang jika ada sampah yang berenang-renang di atasnya.Apa jadinya jika laut kita penuh akan sampah.Bukan lautan biru lagi namanya, tapi malahan jadi lautan sampah.

Setelah mengetahui dampak-dampak yang di timbulkan oleh sampah tadi masihkah kita akan membuang sampah di sembarangan tempat...?

Teman-teman yang Berbahagia,

Menjaga Kebersihan Lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMAN 1 PELAIHARI. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini, kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur

Teman-teman Sekalian,

Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar