Sabtu, 02 November 2013

makalah tentang facebook

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Sholawat serta salam tak lupa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, kerabat dan pengikut beliau hingga akhir zaman.
            Makalah ini disusun untuk memberikan kemudahan kepada mahasiswa khususnya untuk mata kuliah Bahasa Indonesia agar lebih mudah mempelajari dan bermanfaat bagi pembaca pada umumnya.
Kami juga mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan teman–teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu kami mohon kritik dan saran yang membangun bagi penyempurnaan makalah ini.



                                                                        Banjarmasin, 18 Desember 2009
                                                                                         
                                                                                                Tim Penyusun
                                                                                            














BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
         Facebook merupakan salah satu sarana komunikasi yang marak digunakan pada saat ini. Akan tetapi banyak penggunanya yang sudah kecanduan, bahkan rela meninggalkan jam makan demi membaca profil dan ingin mengetahui komentar apa yang diberikan oleh teman-temannya tentang dirinya dan lain sebagainya.
            Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh pengguna facebook sangatlah serius, karena selain jam makan yang terganggu, kesehatan dan lingkungan di sekitar pun juga ikut terganggu.

B.       Rumusan Masalah
Sesuai dengan judul yang akan dibahas maka muncullah permasalahan diantaranya :
1.      Sejak kapan facebook ada di Indonesia?
2.      Apa saja permasalahan yang akan terjadi pada pengguna facebook?

C.      Metode Penulisan
            Dalam penulisan makalah ini, kami menggunakan metode deskriptif (melukiskan keadaan objek atau persoalan).

D.      Tujuan Penulisan
1.      Facebook ada di Indonesia sejak 4 Februari 2004 yang lalu.
2.      Terganggunya kesehatan, jam makan yang tidak teratur, kurang berinteraksi terhadap lingkungan dan masyarakat, kurangnya jam tidur atau jam istirahat, dan juga hilangnya konsentrasi pada saat belajar atau pun bekerja dan lain sebagainya.






BAB II
ISI

A.      Pengertian tentang facebook
            Facebook merupakan salah satu sarana komunikasi melalui media internet, yang dapat menghubungi keluarga, kerabat, dan juga teman-teman kita yang telah lama tidak berjumpa. Facebook dibuat oleh seorang Mahasiswa lulusan Harvard University dan mantan murid Ardsley yaitu Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Sebenarnya pada tahun itu keanggotaan facebook dibatasi, tidak sebanyak sekarang ini. Keanggotaannya di khususkan untuk para Mahasiswa Harvard saja. Tapi pada akhirnya keanggotan facebook diperluas untuk para mahasiswa-mahasiswa dari Universitas lain yang memiliki e-mail berdomain .edu, .ac. Semakin lama, keanggotan facebook semakin bertambah, dan pada akhirnya pada 11 September 2006 Facebook resmi dibuka untuk umum dengan alamat email apapun (bukan hanya .edu, .ac saja). Pada bulan September 2006 sampai dengan bulan September 2007 peringkatnya naik dari posisi ke-60 menjadi posisi ke-7 sebagai situs yang paling banyak dikunjungi. Bahkan untuk wilayah Amerika situs facebook mengalahkan pesaingnya yaitu Flickr, dengan 8.5 juta foto dimuat tiap harinya.
Sejak diluncurkan 4 Februari 2004, situs jejaring sosial facebook telah memikat jutaan hati penggunanya. Mulai siswa sekolah, ibu rumah tangga, selebriti, hingga politisi, kini memiliki jejaring sosial facebook. Berkat kemajuan teknologi, kini kita pun dapat memperbaharui status facebook dan mengomentari foto setiap saat.

B.       Masalah-masalah yang ditimbulkan oleh facebook
            Manfaat facebook bukan hanya untuk pergaulan, tetapi juga sebagai sarana komunikasi, mencari pekerjaan, hingga kampanye. Sayangnya kesibukan mengutak-atik facebook membuat banyak orang kini lebih banyak menghabiskan waktu ketimbang bekerja. Tidak heran apabila banyak perusahaan yang mulai menerapkan kebijakan mengeblok situs ini di kantor. Sebuah penelitian juga menunjukkan adanya kaitan antara facebook dengan meningkatnya angka perceraian di Inggris dan Australia.

            Laporan terbaru dari The Daily Mail menyebutkan, bahwa kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental. Hal ini memang bertolak belakang dengan tujuan dibentuknya situs-situs jejaring sosial, di mana pengguna diiming-imingi untuk dapat menemukan teman-teman lama atau berkomentar mengenai apa yang sedang terjadi pada teman kita saat ini.
            Suatu hubungan mulai menjadi kering ketika para individunya tak lagi menghadiri social gathering, menghindari pertemuan dengan teman-teman atau keluarga, dan lebih memilih berlama-lama menatap komputer atau ponsel. Ketika akhirnya berinteraksi dengan rekan-rekan, mereka menjadi gelisah karena berpisah dari komputer atau ponselnya.
            Si pengguna akhirnya tertarik ke dalam dunia artifisial (merupakan sebuah keadaan atau lebih tepatnya ialah sebuah pola pikir yang sengaja dibangun dari dalam diri untuk menghasilkan efek yang kurang lebih sama dengan efek yang ditimbulkan dari luar diri). Seseorang yang teman-teman utamanya adalah orang asing yang baru ditemui di Facebook atau Friendster akan menemui kesulitan dalam berkomunikasi secara face-to-face. Perilaku ini dapat meningkatkan risiko kesehatan yang serius, seperti kanker, stroke, penyakit jantung, dan dementia (kepikunan), demikian menurut Dr. Aric Sigman dalam The Biologist, jurnal yang dirilis oleh The Institute of Biology.
            Pertemuan secara face-to-face memiliki pengaruh pada tubuh yang tidak terlihat ketika mengirim e-mail. Level hormon seperti oxytocin yang mendorong orang untuk saling berinteraksi berubah, tergantung dekat atau tidaknya para pengguna. Beberapa gen, termasuk gen yang berhubungan dengan sistem kekebalan dan respons terhadap stres, beraksi secara berbeda, tergantung pada seberapa sering interaksi social yang dilakukan seseorang dengan yang lain.
         Menurutnya,
media elektronik juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. "Salah satu perubahan yang paling sering dilontarkan dalam kebiasaan sehari-hari penduduk Inggris adalah pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari. Kurang dari dua dekade, jumlah orang yang mengatakan bahwa tidak ada orang yang dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting menjadi berlipat".
Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi. Apabila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, Pengguna dapat mengalami cidera tekanan yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer. Jika pada malam hari para pengguna facebook masih sibuk mengomentari status teman-temannya, maka mereka akan kekurangan waktu tidur. Kehilangan waktu tidur dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan kantuk berkepanjangan, sulit berkonsentrasi, dan depresi dari sistem kekebalan. Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer juga akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.
Ada 10 tanda orang yang kecanduan dengan facebook, yang hidupnya mulai dikendalikan olah facebook :
1.         Facebook telah menjadi homepage internet di komputer atau laptop.
2.         Mengubah status lebih dari dua kali sehari dan rajin mengomentari perubahan status teman.
3.         Daftar teman sudah melebihi angka 500 orang dan setengahnya hampir tidak dikenal.
4.         Bila sedang jauh dari komputer, sering sekali mencek facebook melalui BlackBerry, iPhone, atau ponsel pintar lainnya
5.         Rajin membaca profil teman lebih dari dua kali sehari, meski ia tidak mengirimkan pesan atau men-tag si pengguna di fotonya.
6.         Mengubah profile foto lebih dari 12 kali.
7.         Membaca artikel ini sambil mencek facebook.
8.         Membersihkan “wall” agar terlihat sudah lama tidak masuk ke facebook.
9.         Menjadi anggota lebih dari 10 grup dan merespons setiap undangan meski sebenarnya tak berminat.
10.     Mengubah status hubungan hanya untuk meningkatkan popularitas di facebook.



C.      Kelebihan dan kekurangan facebook bagi pengguna
Kelebihannya adalah :
1.      Tampilannya lebih sederhana dan clean, tidak banyak iklan yang dipajang disana-sini, hanya ada dua iklan saja yang otomatis berubah.
2.      Memiliki fasilitas tag foto, jadi dalam sebuah foto kita bisa memberikan keterangan pada foto tersebut, ketika kursor mouse kita arahkan tentu saja akan berisi keterangan mengenai apa yang ada dalam foto tersebut, seperti nama masing-masing orang yang ada dalam foto.
3.      Memiliki aplikasi yang jumlahnya cukup banyak.
4.      Memiliki fasilitas chat, kita bisa chat secara langsung dengan teman kita kalau sedang online.
5.      Memiliki fasilitas untuk mengiklankan produk atau usaha yang kita miliki.
6.      Proses request friend yang tidak ribet, untuk merequest cukup dengan mengklik add dan memasukan kode captcha (security code) saja.
7.      Informasi yang ditampilkan di facebook umumnya adalah data personality yang dibuat dengan benar.
8.      Memiliki fasilitas Privacy Setting, kamu bisa mengeset siapa saja yang boleh mengakses informasi di profile kamu, dan siapa yang tidak diperbolehkan.

Kekurangannya adalah :
1.    Facebook belum mengijinkan usernya untuk memodifikasi template, warna, kursor, background dan lainnya.
2.    Banyaknya aplikasi yang di pasang di facebook terkadang membuat aksesnya menjadi lebih lambat, untuk itu lebih baik menyesuaikan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.
3.    Facebook terkadang lama untuk di akses, mungkin karena usernya sudah banyak.
4.    Fitur chat yang masih sangat sederhana.
5.    Banyak pengguna facebook yang lama, tidak menyukai tampilan facebook yang baru.




BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Facebook merupakan salah satu sarana komunikasi melalui media internet, yang dibuat oleh seorang Mahasiswa lulusan Harvard University dan mantan murid Ardsley yaitu Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Pada tanggal 11 September 2006 Facebook resmi dibuka untuk umum dengan alamat email apapun (bukan hanya .edu, .ac saja).
            Manfaat facebook bukan hanya untuk pergaulan, tetapi juga sebagai sarana komunikasi, mencari pekerjaan, hingga kampanye. Laporan terbaru dari The Daily Mail menyebutkan, bahwa kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Suatu hubungan mulai menjadi kering ketika para individunya tak lagi menghadiri social gathering, menghindari pertemuan dengan teman-teman atau keluarga, dan lebih memilih berlama-lama menatap komputer atau ponsel. Ketika akhirnya berinteraksi dengan rekan-rekan, mereka menjadi gelisah karena berpisah dari komputer atau ponselnya.

B.       Saran
·      Semakin sering menggunakan Facebook, maka semakin sedikit waktu belajar dan akan berdampak buruk pada nilai-nilai mata pelajaran/kuliah.
·      Gunakanlah Facebook untuk permasalahan yang positif dan jangan menggunakan Facebook untuk hal-hal yang tidak penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar